PROFIL SMPN 1 MERAKURAK TUBAN

.

PRESTASI

Penerimaan piala Adiwiyata di istana merdeka





PENYERAHAN PIALA ADIWIYATA KE
SMP N 1 MERAKURAK.
KEMUDIAN DI ARAK DI KOTA TUBAN




STRUKTUR ORGANISASI

STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH
SMPN I MERAKURAK TUBAN







































VISI DAN MISI SEKOLAH

VISI

UNGGUL DALAM MUTU BERBUDAYA DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA

MISI SEKOLAH

1. Mewujudkan Lulusan yang berkualitas dan Berdaya saing di bidang akademis dan non akademis
2. Mewujudakan kurikulum tingkat satuan Pendidikan
3. Mewujudkan standar proses pembelajaran dan evaluasi
4. Mewujudkan standar tenaga Pendidik dan kependidikan yang berkualitas
5. Mewujudkan standar sarana dan prasarana pendidikan yang memadai
6. Mewujudkan standar pengelolaan pendidikan sesuai SNP
7. Mewujudkn penggalangan biaya pendidikan yang memadai
8. Mewujudkan standar penilaian pendidikan
9. Mewujudkan budaya keimanan dan ketaqwaan dalam kehidupan sehari-hari
10.Mewujudkan Lingkungan sekolah yang Bersih, Sehat, Indah dan Nyaman

KATA PENGANTAR

Untuk menjawab tantangan di era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini sangat dibutuhkan potensi sumber daya manusia yang tangguh dan dibarengi modal imtaq yang memadai. Di era globalisasi telah terjadi perubahan yang sangat cepat, misalnya arus informasi dan komunikasi yang hampir tak ada batas pada semua sistem kehidupan umat manusia. Sekolah sebagai lembaga pendidikan juga merupakan salah satu sistem yang tidak dapat menghindari dampak dari kemajuan tersebut. Sebagai konsekuensinya, sekolah harus berupaya mengantisipasi berbagai perubahan yang terjadi untuk mengembangkan dan mengambil dampak positif serta menghindari dampak negatifnya.

Melalui manajemen yang bagus dan kerja keras semua komponen yang terlibat dalam peningkatan mutu mulai dari komponen internal sekolah, peserta didik, orang tua/ komite sekolah dan masyarakat atas dasar visi dan misi yang telah ditetapkan sekolah akan dapat memenuhi harapan para stakeholder dan senantiasa berupaya meningkatkan daya saing. Dengan demikian sekolah merupakan tempat yang strategis untuk mempersiapkan anak didik yang berkualitas yaitu melalui Empat pilar pendidikan: Learning How to Know, anak-anak belajar untuk mengetahui sesuatu yang menarik baginya. Learning How to Do, anak-anak belajar untuk melakuan/mengerjakan sesuatu. Learning How to Be, anak-anak belajar untuk mendapatkan hasil yang asyik baginya. Learning How to Live Together, anak-anak belajar untuk hidup bersama saling menyayangi di antara teman, keluarga dan lingkungannya.

Diharapkan pula para pendidik mampu mengembangkan Leadership sebagai bagian integral dalam pengembangan karakter / kepribadian, antara lain:

Keterampilan mengelola ( managing )

Keterampilan membuat keputusan ( decision making )

Kemampuan belajar cara belajar ( learning to learn )

Kemampuan menerima dan diterima orang lain ( getting along with others )

Kemampuan memahami diri sendiri ( self understanding )

Kemampuan berkomunikasi ( communication )